I.
LAPORAN
OBSERVASI
A.
Identitas
Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
Nama
: Pos PAUD DAHLIA VII
Alamat
: Temulus RT 01 RW 02 Desa Pondok,
Kecamatan Grogol,
Kabupaten Sukoharjo,
Jawa Tengah
Tahun
Berdiri : 2010
B. Perangkat Pembelajaran
Jumlah
Peserta Didik : 43 anak
Jumlah
Pendidik : 6 pendidik
Kepala
POS PAUD Ibu Sumarni
Pendidik
:
Ami
Yusanti
Rodiyah
Isnaeni
Arini
Vidya M
Diah
Wahyu H
Siti
Ngaisah
Hari
Pembelajaran : Rabu dan
Sabtu
Waktu
Pembelajaran : 08.00 – 10.15
C.
Proses
Pembelajaran
1) Membuka
Pembelajaran
Dalam
pengamatan yang saya lakukan, untuk memulai pembukaan pembelajaran dilakukan di
luar kelas. Pertama mengucapkan ikrar aku anak PAUD secara bersama-sama.
Selanjutnya bernyanyi dan senam bersama-sama.
Hal
ini dilakukan dalam upaya menarik hati peserta didik, agar tertarik untuk
mengikuti pembelajaran selanjutnya.
2) Kegitan
Pembelajaran
Terdapat
4 pokok kegiatan :
·
Transisi menuju kelompok belajar
a. Antre
masuk kelas dengan berbaris
b. Minum
·
Pijakan sebelum bermain
a. Doa
belajar
b. Bernyanyi
bersama
·
Bermain (inti pembelajaran)
·
Pijakan setelah bermain
a. Mencuci
tangan
b. Makan
bekal bersama-sama
3) Materi
yang Diberikan
Materi
yang diberikan biasanya langsung diperkenalkan terhadap objeknya secara
langsung, sehingga anak akan lebih mudah untuk mengingatnya. Materi yang
diberikan sesuai dengan kelompok usianya. Usia peserta didik diklasifikasikan
menjadi tiga kelompok usia.
·
Usia 2-3 tahun : berupa permainan
motorik, loncat-loncat, meremas-remas kertas, bermain air.
·
Usia 3-4 tahun : berupa permainan
mencoret-coret yang diarahkan, bermain pazel, diperkenalkan angka dengan
permainan.
·
Usia 4-5 tahun : melipat, menempel,
mewarnai, menulis dan menggunting-gunting dengan teratur.
4) Metode
yang Digunakan
Untuk
memperkenalkan pelajaran terhadapt anak biasanya menggunakan metode berupa
permainan, bernyanyi, dan mendongeng. Setelah pemberian materi biasanya akan
terdapat pengulangan dan anak diminta untuk dapat mengulang kembali apa yang
telah dipelajari, apabila anak dapat mengulangi akan diberikan hadiah atau
reward.
5) Kendala-Kendala
yang Dialami
Apabila
anak sedang sakit, terkadang anak akan malas untuk ikut dalam pembelajaran.
Rasa malas yang terdapat pada diri anak, sehingga ini menuntut para pendidik
untuk dapat memberikan motivasi yang biasanya berupa nasihat atau berupa hadiah
agar anak dapat kembali aktif dalam ikut pembelajaran.
6) Cara
Memotivasi Anak
Berupa
nyanyian-nyanyian, permainan, atau berupa hadiah yang dapat menarik anak untuk
dapat aktif kembali dalam pembelajaran.
7) Perilaku
Anak dalam Pembelajaran
Anak
berperilaku aktif pada kegiatan-kegiatan yang memang benar-benar menarik
hatinya. Apabila anak merasa senang, anak akan dengan mudah untuk dapat
bergabung dalam kelompok pembelajaran, namun apabila anak merasa kurang senang,
anak akan sulit dalam bergabung dengan kelompok pembelajaran.
8) Menutup
Pembelajaran
Dalam
menutup pembelajaran yang pertama dilakukan adalah mendogeng atau bernyanyi
kemudian pemberian nasihat atau pesan kemudian anak juga diajarkan untuk
menabung dan yang terkahir adalah berdoa bersama.
9) Evaluasi
Dalam
memberikan penilaian pembelajaran selama proses berlangsung dapat dilakukan
antara lain sebagai berikut.
a. Pengamatan
: mengamati tingkah laku anak pada waktu proses belajar mengajar berlangsung
b. Pencatatan
: melakukan pencatatan seluruh aktivitas anak pada saat proses belajar mengajar
baik yang bersifat positif maupun negatif
c. Observasi
: pengamatan hasil kerja anak yang dapat menggambarkan seberapa jauh
ketrampilan anak berkembang
10) Pelaporan
Hasil
pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh lembaga akan dilaporkan kepada orang
tua atau wali peserta didik berupa :
a. Buku
kerja karyaku : kumpulan hasil karya atau belajar anak tentang kegiatan bermain
anak
b. Buku
rapor : berisi pengamatan tentang perkembangan kemampuan anak selama satu semester,
buku rapor diberikan dua kali dalam setahun yaitu pada akhir semester I dan
akhir semester II
hay? makasih
BalasHapus